Skill Saja Belum Cukup Untuk Buka Usaha, Kamu Wajib Tahu!


Skill Saja Belum Cukup Untuk Buka Usaha, Kamu Wajib Tahu!

apa itu? lakukan saja! usaha itu melakukan bukan ditanyakan... wkwkwkwk

seperti mau bisa renang..... langsung nyemplong saja.. he he he he.. tentu di kolam renang dulu atau di kali yang dangkal dulu ha ha ha ....


Berikut 5 skill yang harus kamu kuasai jika ingin terjun ke dunia bisnis kuliner.


1. Memahami Jenis Produk yang Dijual


Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah tentang pengetahuan makanan atau minuman yang kamu jual. Kamu perlu memahami bahan dasar dari makanan yang kamu jual, cara meraciknya dan semua hal tentang produk yang kamu jual.


Jika makanan atau minuman tersebut merupakan hasil buatanmu sendiri, tentu kamu tak akan kesusahan. Namun, jika kamu memilih usaha franchise, maka tak ada salahnya kamu mempelajarinya. Kamu tak perlu sampai bisa mahir menyiapkannya, setidaknya kamu mengetahui caranya.


2. Skill Komunikasi


Skill komunikasi penting untuk kamu kuasai jika ingin bisnismu berjalan lancar. Kamu perlu menguasai skill komunikasi baik dengan karyawan ataupun konsumen.


Belajarlah bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik, agar mereka menjadi nyaman dan dapat menjadi partner kerjamu yang kooperatif.  Bangun juga komunikasi yang baik dengan konsumen, agar para konsumen dapat menjadi pelanggan tetapmu.


3. Skill Manajemen Bisnis


Bisnis kuliner merupakan bisnis yang memiliki persaingaan cukup sengit. Jika kamu salah dalam menentukan langkah dan trik manajemen maka kamu akan tertinggal jauh.


Oleh karena itu, kamu sebagai pelaku bisnis harus menguasai kemampuan dalam hal manajemen bisnis. Kamu harus dapat menganalisis selera pasar, strategi kompetitor, hingga bagaimana marketing plan yang bakal kamu lancarkan. 


4. Time Management


Time management juga sangat diperlukan dalam dunia kuliner. Konsumen tentu akan lebih memilih tempat makan yang cepat dalam penyajian makanan. Terkadang karena pesanan yang datang cukup banyak, terutama pada jam makan maka akan membuat kewalahan.


Namun, dengan time management yang baik, kamu dan tim dapat menyajikan hidangan tepat waktu dan tak membuat konsumen kecewa.


5. Problem Solving


Sebagai pelaku bisnis, kamu juga perlu menguasai skill problem solving. Hal ini sangat bermanfaat apabila ada konsumen yang merasa kecewa dengan pelayanan di tempatmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyelesaikan setiap masalah yang kamu hadapi dalam bisnis kulinermu. Sehingga kamu dapat menjadi atasan yang bisa diandalkan.


Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kamu menguasai 5 skill memulai bisnis tersebut, maka kamu akan dapat membangun bisnis dengan mudah. Semangat ya!


Apakah kamu bosan melamar ke sana kemari tidak ada yang berhasil? Mungkin inilah saatnya untuk menjadi pengusaha. Sekarang, banyak sekali anak muda yang membuka usaha online-nya sendiri. Ada yang berjualan makanan, pakaian, hingga jasa desain. Jadi, barang daganganmu tidak selalu berbentuk materi, tapi dalam bentuk jasa juga bisa. Menggeluti bidang usaha atau bisnis, tidak semudah yang dibayangkan. Banyak rintangan daan cobaan yang harus dilalui. Nah, agar bisnis yang kamu jalankan berhasil kamu perlu mempelajari skill yang harus dimiliki pengusaha.


Kenapa seorang pengusaha harus mempunyai kemampuan khusus? Menurut ayah Nathan, seorang pebisnis harus pintar mencari peluang untuk membangun usaha. Oleh karena itu, keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha akan sedikit berbeda dari jabatan lainnya.


Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha

Ketika kamu memulai sebuah bisnis, tentu kamu ingin hasil yang terbaik dari bisnis kamu, bukan? Kali ini MinData akan bagikan skill yang harus dimiliki pengusaha. Apa saja skill yang wajib dikuasai oleh seorang pengusaha sukses? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!


1. Kemampuan Berpikir Kreatif

Skill yang harus dimiliki seorang pengusaha yang pertama adalah kemampuan berpikir kreatif. Mengapa demikian? Karena langkah awal dalam membuka usaha, kamu harus tahu dulu produk dan kelebihan yang mau kamu tawarkan kepada pelanggan. Kamu harus menciptakan unique selling point pada produk yang akan kamu jual.


Hal tersebut menjadi pembeda antara produk kamu dengan produk kompetitor. Jika produk yang kamu jual kepada pelanggan tidak memiliki value baru, atau produk kamu sama dengan produk kompetitor maka yang akan terjadi adalah perang harga. Dalam proses ini, kamu membutuhkan skills berpikir kreatif.


Bagaimana cara melatih otak untuk lebih kreatif? Dilansir dari Klik Dokter, ada 10 langkah yang harus kamu lakukan!


Berpikir positif.

Tantang diri sendiri.

Menciptakan “mantra” untuk motivasi diri.

Lakukan hal yang berbeda.

Jangan takut mengambil resiko!

Bertualang ke tempat baru.

Bangun koneksi.

Istrihat yang cukup.

Membaca buku dan perluas wawasan

Terapkan pola hidup sehat!

2. Leadership, Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha


Kemampuan yang harus dimiliki pengusaha yang kedua adalaha leadership atau kepemimpinan. Skill entrepreneur ini penting untuk kamu pelajari, karena kelak ketika usahamu semakin besar, kamu akan membutuhkan beberapa karyawan untuk membantumu. Untuk mengatur mereka, kamu membutuhkan sikap kepemimpinan yang baik. Jadi, kamu beserta pegawai yang kamu rekrut dapat berkembang bersama. Menurut konsultan pelatihan karyawan, ada 9 cara mengasah jiwa kepemimpinan.


Selalu junjung tinggi integritas.

Jangan mudah emosional!

Memimpin dengan memberi contoh.

Bantulah karyawanmu selama dibutuhkan.

Berprilaku adil terhadap semua anggota tim.

Mendengarkan dan memahami orang lain.

Dukung karyawanmu untuk berkembang dan belajar.

Tekankan hal-hal positif.

Rencanakan dan beri prioritas.

3. Manajemen Waktu


Manajemen waktu menjadi kemampuan yang harus dimiliki seorang pengusaha. Karena waktu adalah hal yang paling berharga dalam segala aspek kehidupan. Dikutip dari ayah Nathan salah satu skill yang harus dimiliki pengusaha adalah kemampuan manajemen waktu yang baik.


Memangnya apa alasannya? Karena kamu harus membuat jadwal untuk segala kegiatan dalam bisnis yang kamu jalankan. Contohnya adalah membuat bahan marketing, pengembangan produk, dan membangun koneksi dengan partner lain.


Jika kamu tidak membuat batasan waktu untuk setiap tugas tersebut, maka pekerjaanmu akan menjadi tidak teratur. Duh, jangan sampai deh! Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu dengan baik dan buat perencanaan matang untuk segala keperluan usahamu.


4. Kemampuan untuk Komunikasi

Seorang pengusaha harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Meskipun sebenarnya komunikasi adalah kemampuan yang wajib dimiliki semua orang. Karena dengan melakukan komunikasi yang efektif, lawan bicaramu dapat memahami ide atau pendapat yang kamu sampaikan. Terlebih jika kamu seorang pengusaha, dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan membantu suksesnya bisnis kamu. Sebagai contoh ketika kamu sedang bertemu dengan partner bisnis, kemampuan komunikasi yang baik akan membantu kamu menjelaskan maksut dan tujuan kamu sehingga partner bisnis kamu mendapat informasi dengan jelas.


Lantas, bagaimana cara agar komunikasi berjalan dengan lancar? Yuk, perhatikan langkah-langkah komunikasi yang baik dari Ekrut di bawah ini!


Perhatikan tutur kata, bahasa tubuh, dan intonasi.

Dengarkan dengan baik lawan bicaramu!

Bersikap terbuka itu penting.

Berikan dukungan atau nasihat untuk lawan bicara, jika dibutuhkan.

Jangan hanya fokus pada diri sendiri!

Kendalikan emosi.

Menyisipkan humor juga boleh.

Berbesar hati.


5. Kemampuan Berpikir Strategis

Persaingan dalam dunia bisnis itu sangat ketat. Jadi, kamu perlu untuk membuat beberapa strategi dalam menghadapi tantangan tersebut. Dalam wirausaha harus memiliki keahlian untuk berpikir strategis. Tanpa kemampuan berpikir strategis, kamu tidak akan bisa membuat rencana yang tepat. Namun, kamu tidak perlu khawatir! Dikutip dari Glints, ada beberapa cara mengembangkan kemampuan berpikir strategis. Yuk, perhatikan baik-baik di bawah ini!


Berorientasi pada masa depan.

Coba berbagai hal baru.

Latih manajemen waktu dan prioritas.

Melibatkan berbagai faktor saat membuat rencana.

Observasi dan refleksi.

Berhati-hati terhadap bias.

Mendengarkan orang lain.

Mempertimbangkan ide yang berlawanan


6. Manajemen Keuangan

Terakhir, kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah manajemen keuangan. Masalah keuangan tidak boleh kamu anggap sepele. Jika dibiarkan, usahamu bisa tidak berjalan dengan baik loh! Oleh karena itu, skills penting selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha adalah manajemen keuangan. Walaupun di perusahaan ada bidang khusus untuk perkara tersebut, tapi kamu sebagai pemimpin juga harus menguasai bidang ini. Dilansir dari Netsuite, ada beberapa isu keuangan yang sering dialami dalam dunia bisnis.


Terbatasnya cash flow.

Tidak menggunakan budget untuk hal yang diperlukan.

Tidak ada persiapan untuk menghadapi momen tidak terduga.

Terlalu banyak utang.

Mengabaikan laporan keuangan penting.

Keuangan bisnis bercampur dengan pribadi.

Taktik marketing yang kurang baik.

Itu dia enam skill yang harus dimiliki pengusaha supaya bisnis yang dijalankan dapat sukses. Kenapa skill entrepreneur ini penting? Agar ketika kamu merekrut orang untuk bekerja denganmu, kamu tidak akan mudah tertipu dan tentunya bisa membawa bisnismu ke arah yang lebih baik.


Apabila kamu membutuhkan bimbingan skripsi dan tesis, bisa hubungi wa+62 877 39 38 3777 |  Bimbingan offline, tatap muka. Off line dan face to face |  datarecovery.co.id


WA+62877•3938•3777 | Konsultasi Online, virtual, digital, on line bisa, off line bisa, WhatsApp Jasa Thesis, Skripsi Bisa, Jasa pembuatan Skripsi dan Tesis, KTI, PTK PTS, Karya Ilmiah, TA D3 D4 S1 S2.


Keberhasilan siswa dimulai di sini, Dorong siswa membuat karya tulis asli mereka yang terbaik. | minta bantuan skripsi tidak tergolong pelacuran ilmiah, itu wajar dan sah-sah saja kalau skripsi itu dikerjakan dengan cara minta bantuan orang lain atau berkelompok /kakak angkatan atau alumi kampus /teman bahkan dengan jasa konsultasi skripsi, tapi pertanggung jawabannya harus tetap secara individual.


Banyak orang beranggapan bahwa dalam menyusun skripsi, tesis atau disertasi tidak diperbolehkan mengutip atau mengcopy dari karya ilmiah lain. Padahal sebenarnya, hal itu syah dan diperbolehkan selama kita juga mencantumkan sumber atau referensi karya ilmiah tersebut sesuai kaidah yang berlaku.


Pembayaran Bertahap, JAMINAN: no plagiat /tidak penjiplakan, GARANSI sampai ACC (dinyatakan diterima) Bimbingan sampai LULUS & WISUDA. PRIVACY : Kami Menjamin Semua Data Pribadi Anda Akan Terjaga. Tatap Muka /Langsung Ketemu di kantor. via Online dan via email Bagi yang sibuk, konsultasi bisa dilakukan via email, WhatsApp, telpon/sms.


Hubungi salah satu saja, terima kasih.

Prioritas | 0877•39•38•3777 | xL

Helo | 0821•36•66•8777 | telkomsel


iM3 | +62 856•2761•888 | indosat ooredoo

Tri | +62 898•0474•999 |


Komentar

Postingan Populer